Bermain dan Belajar dengan Board Games

Games! Anak mana sih yang tidak suka games? Sepertinya hampir semua anak suka dengan games atau permainan. Bahkan saat ini banyak anak yang terjebak dalam permainan-permainan online yang menawarkan beragam fitur dan simulasi bagi anak. Sayangnya, tidak semua games memberikan dampak positif bagi perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor anak.  Bahkan beberapa games yang ada dapat menyebabkan kerusakan atau kelainan kofnitif, afektif, dan psikomotor anak.

Kali ini, saya akan mengulas jenis-jenis games yang dikembangkan untuk membantu anak-anak mempelajari konsep-konsep khusus dengan meminimaliris dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh kecanduan games. Serius, ada ya games seperti itu?!

Iya, tentu saja ada! Jenis games ini lebih dikenal istilah “Board Games” jaman dulu, waktu saya anak-anak sebenarnya jenis games ini cukup popular bahkan sampai diabadikan dalam salah satu lagu Doel Soembang! Game-game tersebut anatara lain: Ludo, monopoli, ular tangga, halma, remi, dan juga yang paling popular saat ini yaitu catur.  Rasanya pada masa itu satu-satunya dampak negatif dari game adalah lupa waktu main dan ini selalu dengan mudah diatasi dengan teriakan dari para ibu-ibu yang mencari anaknya untuk disuruh makan, mandi atau belajar.

Saat ini ternyata jenis Board Game di Indonesia lumayan banyak lho. Permainan-permaianan ini dibuat dalam bentuk kartu-karti atau papan dengan icon beragam dan cara main yang sangat variatif. Saya mengenal beragam jenis game edukatif ini dari salah satu kreatornya langsung ketika beliau memberikan training di institusi kami. Wah, rupanya kemajuan dalam game sudah amat masif, saya benar-benar merasa amat tertinggal.

Anak-anak bermain Veggie

Sesi pelatihan tersebut telah menginspirasi saya juga untuk membuat beberapa games yang dapat digunakan membantu anak-anak belajar konsep-konsep bilangan sederhana. Awalnya saya langsung membuatnya hanya menggunakan kertas HVS saja, dan rupanya anak-anak di rumah antusias untuk memainkannya. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli beberapa games yang dijual oleh beliau di gerainya @Sebangku yang berlokasi tidak jauh dari kantor.

Berikut beberapa games yang sempat kami mainkan:

  1. Wilah
  2. Veggie Card
  3. MathCat
  4. Sutasoma
  5. Zamzany

Untuk dua games terakhir ini keren sekali, produksi dari Sebangku langsung. Sangat inovatif karena games ini didesain khusus untuk menunjang kemampuan literasi anak juga. Melalui game Sutasoma, anak-anak bisa bermain sambil belajar sejarah khususnya candi-candi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya seperti kisah Rorojongrang, dan Ramayana serta candi Prambanan dan Borobudur. Sutasoma juga dilengkapi dengan menu AR yang tentunya sangat menarik bagi anak-anak jaman now. Permainan ini ditujukan untuk anak usia 7 tahun ke atas. Nah karena ini, saya masih menunda memainkannya di rumah, karena yang berusia di atas 7 tahun baru dua orang, harus menunggu poponya pulang dulu agar lebih seru mainnya! Untuk penjelasan lengkapnya bisa di peroleh pada link berikut ini: https://sebangku.co.id/sutasoma/.

Menurut kami, main board games ini adalah salah satu cara untuk membangun keakraban di dalam keluarga. Sangat sesuai untuk dimainkan dimasa pandemi seperti saat ini ketika kita semua lebih sering berkumpul bersama keluarga.

Bagi sahabat kidscientiscorner yang berminat untuk mencoba aneka Board Games ini bisa langsung kunjungi tautan berikut ini: Sutasoma

Leave a Reply

%d bloggers like this: